Selasa, 07 November 2023

ARTIKEL PEMINATAN : KEKERASAN PADA POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP ANAK

 

Perkembangan individu dipengaruhi oleh dua faktor pokok yaitu faktor keturunan dan faktor lingkungan. Dimana pertumbuhan dan perkembangan individu diawali dari pola asuh orangtua, karena orangtua merupakan guru pertama yang mengajarkan hal dasar dalam pembentukan karakter pada anak. Peran oramgtua sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak, karena pada tahap perkembangan anak usia sekolah sering melakukan kesalahan.

Beberapa yang menjadi alasan terjadinya tindakan kekerasan orangtua terhadap anak juga dapat dipengaruhi oleh pendidikan orangtua, karena sebagaian besar ibu muda secara psikologis belum siap dalam membina keluarga dan anak. Selain itu juga, wilayah dan latar belakang budaya juga dapat mempengaruhi. Dimana anak dituntut bertanggung jawab untuk menjadi anak dewasa dengan hak anak dibatasi. Selain itu juga, orangtua seringkali memberikan hukuman kepada anak berupa hukuman fisik, karena orangtua merasa berkuasa.

Oleh karena itu, sifat orangtua tersebut dapat memberikan dampak bagi anak, karena anak mengalami kegagalan dalam berkarya dan memiliki potensi berkomunikasi yang rendah sehingga anak sulit dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Orangtua yang sering memberikan hukuman fisik kepada anak dapat berdampak negatif karena anak tersebut dapat melampiaskan kemarahannya kepada oranglain dengan berperilaku agresif.

Solusi untuk mengatasi atau pencegahan terhadap kekerasan pada pola asuh orangtua terhadap anak yaitu dengan berkomunikasi. Karena melalui komunikasi hubungan orangtua dan anak akan semakin terjalin dan saling memahami. Selain itu juga, komunikasi dengan orangtua dapat meningkatkan rasa percaya diri, sikap saling terbuka dan harmonis. Dengan kmunikasi juga orangtua dapat melindungi anak dari kejahatan atau tindakan yang tidak diinginkan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar